Minggu, 05 Desember 2010

kisi-kisi US kls X

1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung/ tidak langsung
1.1 Menanggapi siaran atau informasi dari media elektronik (berita dan nonberita)
• Pokok-pokok isi berita
• Penangapan isi berita • Menuliskan isi siaran radio/ televisi da¬lam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
• Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtut dan jelasand
• Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat)
1.2 Mengidentifikasi unsur sastra (intrinsik dan kstrinsik) suatu cerita yang disampaikan secara langsung/melalui rekaman
• Rekaman cerita, tuturan langsung (kaset, CD, buku cerita)
• unsur intrinsik (tema, alur, konflik, penokohan, sudut pandang, amanat)
• unsur ekstrinsik (agama, politik, sejarah, budaya) • Menyampaikan secara lisan pengalaman pribadi (yang lucu, menyenangkan, mengharukan, dsb.) dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat
• Menanggapi pengalaman pribadi yang disampaikan Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan te2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bererita 2.1 Memperkenalkan diri dan orang lain di da¬lam forum resmi dengan intonasi yang tepat
X / 1 • penggunaan sapaan
• penggunaan diksi
• penggunaan struktur kalimat • Mengucapkan kalimat perkenalan (misalnya, sebagai moderator atau pembawa acara) dengan lancar dan intonasi yang tidak monoton
• Menggunakan diksi (pilihan kata) yang tepat
• Menanggapi kekurangan yang terdapat pada pengucapan kalimat perkenalan oleh teman
• Memperbaiki pengucapan kalimat yang kurang sesuai
2.2 Mendiskusikan masalah (yang ditemukan dari berbagai berita, artikel, atau buku)
• Teks berita, artikel, buku yang berisi informasi aktual (misalnya, AIDS/HIV, SARS, bencana alam)
• penentuan masalah dalam berita
• daftar kata sulit dan maknanya • Mencatat masalah dari berbagai sumber
• Menanggapi masalah dalam berita, artikel, dan buku
• Mengajukan saran dan pemecahan terhadap masalah yang disampaikan
• Mendaftar kata-kata sulit dalam teks bacaan
• membahas maknanya
2.3 Menceritakan berbagai pengalaman dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat
Cerita pengalaman (yang lucu, menggembirakan, mengharukan, dsb.)
• penggunaan diksi (pilihan kata)
• penggunaan intonasi, jeda, dan ekspresi • Menyampaikan secara lisan pengalaman pribadi (yang lucu, menyenangkan, mengharukan, dsb.) dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat
• Menanggapi pengalaman pribadi yang disampaikan
3 Membaca
3. Memahami berbagai teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca 3.1 Menemukan ide pokok berbagai teks nonsastra dengan teknik membaca cepat (250 kata/menit)
X / 1 Membaca cepat
• teks nonsastra teknik membaca cepat
• rumus membaca cepat
• fungsi membaca cepat • Membaca cepat teks dengan kecepatan 250 kata/menit
• Menemukan ide pokok paragraf dalam teks
• Membuat ringkasan isi teks dalam beberapa kalimat yang runtut
3.2 Mengidentifikasi ide pokok teks nonsastra dari berbagai sumber melalui teknik membaca ekstensif X / 1 Teks nonsastra dari berbagai sumber
• ide pokok tiap paragraf
• ide pokok dari berbagai sumber
• fakta dan opini
• ringkasan isi
• kata baku dan tidak baku • Mengidentifikasi ide
pokok tiap paragraf
• Menuliskan kembali isi bacaan secara ringkas dalam beberapa kalimat
• Mengidentifikasi fakta dan pendapat
• Mengidentifikasi kata baku dan tidak baku
• Memperbaiki kata tidak baku
4. Mengungkap-kan informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif, ekspositif) 4.1 Menulis gagasan dengan menggunakan pola urutan waktu dan tempat dalam bentuk paragraf naratif
Paragraf naratif
• contoh paragraf naratif
• pola pengembangan paragraf naratif (urutan waktu, tempat)
• ciri/ karakteristik paragraf naratif
• kerangka paragraf naratif
• penggunaan kata ulang dalam paragraf naratif
• Mendaftar topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf naratif
• Menyusun kerangka paragraf naratif berdasarkan kronologi waktu dan peristiwa
• Mengembangkan kerangka yang telah dibuat menjadi paragraf naratif
• Menyunting paragraf naratif yang ditulis teman berdasarkan kronologi, waktu, peristiwa, dan EYD
• Menggunakan kata ulang dalam paragraf naratif
4.2 Menulis hasil observasi dalam bentuk paragraf deskriptif
Paragraf deskriptif
• contoh paragraf deskriptif
• pola pengembangan paragraf deskripsi
• ciri/ karakteristik
• paragraf deskriptif
• Kerangka paragraf deskriptif contoh penggunaan frasa ajektif dalam paragraf deskriptif • Mendaftar topik- topik yang dapat dikembang-kan menjadi paragraf deskriptif berdasarkan hasil pengamatan
• Menyusun kerangka paragraf deskriptif
• Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf deskriptif
• Menggunakan frasa ajektif dalam paragraf deskriptif
• Menyunting paragraf deskriptif yang ditulis teman
4.3 Menulis gagasan secara logis dan sistematis dalam bentuk ragam paragraf ekspositif X / 1 • contoh paragraf ekspositif
• pola pengembangan paragraf ekspositif
• contoh penggunaan kata berimbuhan dalam paragraf ekspositif
• penggunaan kata penghubung dalam paragraf • Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf ekspositif
• Menyusun kerangka paragraf ekspositif
• Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf ekspositif dengan menggunakan kata penghubung yang tepat
• Mengidentifikasi kata berimbuhan dalam paragraf ekspositif
• Menyunting paragraf ekspositif yang ditulis teman
5.1 Mengidentifikasi unsur-unsur bentuk suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman
Rekaman puisi atau pembacaan langsung
• majas,
• irama
• kata-kata
• konotasi
• Kata-kata
• bermakna
• lambang • Mengidentifikasi (majas, rima, kata-kata berkonotasi dan bermakna lambang)
• Menanggapi unsur-unsur puisi yang ditemukan
• Mengartikan kata-kata berkonotasi dan makna lambang
5.2 Mengungkapkan isi suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman
Rekaman puisi yang berjenis tertentu atau yang dibacakan
• jenis puisi
• isi puisi
• tema
• maksud puisi • Menyebutkan tema puisi yang didengar
• Menyebutkan jenis puisi yang didengar (balada, elegi, roman, ode, himne, satire, dll.)
• Menjelaskan maksud puisi
• Mengungkapkan isi puisi dengan kata-kata sendiri
6. Membahas Cerita pendek melalui kegiatan diskusi 6.1 Mengemuka kan hal-hal ang menarik atau mengesankan dari cerita pendek melalui kegiatan diskusi
Naskah cerita pendek
• isi cerpen
• hal yang menarik unsur-unsur
• intrinsik (tema, penokohan, alur, sudut pandang, latar , amanat)
• Menceritakan kembali isi cerita pendek yang dibaca dengan kata-kata sendiri
• Mengungkapkan hal-hal yang menarik atau mengesankan
• Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, alur, sudut pandang, latar , amanat) cerita pendek yang dibaca.
• Menemukan nilai-nilai dalam cerpen
• Membandingkan nilai-nilai yang terdapat dalam cerita pendek dengan kehidupan sehari-hari
6.2 Menemukan nilai-nilai cerita pendek melalui kegiatan diskusi
• nilai budaya
• nilai moral
• nilai agama
• nilai politik
• penggunaan kalimat langsung/ tidak langsung • Mendiskusikan nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen
• Mengaitkan unsur intrinsik (tema, penokohan, dan amanat) dengan kehidupan sehari-hari
• Mengidentifikasi kalimat langsung dan tidak langsung dalam cerpen

7.1 Membacakan puisi dengan lafal, nada, tekanan, dan intonasi yang tepat
• puisi
• lafal
• tekanan
• intonasi
• jeda
• pemenggalan kata, frasa • Membaca puisi dengan memperhatikan lafal, tekanan dan intonasi yang sesuai dengan isi puisi
• Membahas pembacaan puisi berdasarkan lafal, tekanan, dan intonasi
• Memberi saran perbaikan pembacaan puisi yang kurang tepat
7.2 Menganalisis keterkaitan unsur intrinsik statu cerpen dengan kehidupan sehari-hari
• nilai budaya
• nilai moral
• nilai agama
• nilai politik
• penggunaan kalimat langsung/ tidak langsung • Mendiskusikan nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen
• Mengaitkan unsur intrinsik (tema, penokohan, dan amanat) dengan kehidupan sehari-hari
• Mengidentifikasi kalimat langsung dan tidak langsung dalam cerpen

5 8.1 Menulis Puisi Lama
Contoh puisi lama
(pantun, syair)
• bait
• irama
• rima
• perbedaan pantun dengan syair
• Mengidentifikasi puisi lama (pantun, syair) berdasarkan bait, irama, dan rima
• Membedakan bentuk pantun dan syair
• Menulis pantun/ syair dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
• Menyunting puisi lama (pantun/syair) yang dibuat teman
8.2 Menulis Puisi Baru
Contoh puisi baru
• ciri-ciri puisi baru
• bait
• rima irama • Mengidentifikasi puisi baru berdasarkan bait, irama, dan rima
• Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
• Menggunakan majas dalam puisi
• Menyunting puisi baru yang dibuat teman